Sunday, May 18, 2014

J2ME Dan ANDROID


   Seperti yang kita tahu bahwa sebelum kemunculan android , platform j2me sangat handal, karena beroperasi secara multiplatform. Kita hanya perlu menginstal Java Runtime untuk menjalankan aplikasi java diatas platform apapun, sesuai dengan slogan “write once, run anywhere”.



                 

     J2ME adalah platform yang sangat hebat sebelum adanya android. J2ME mempunya Komponen CLDC untuk menjangkau komponen gadgets menengah kebawah, dari pagers, handphones sampai PDA. Dan disediakan pula komponen CDC, untuk gadgets menengah  ke atas sampai ke tingkat Set Top Box (Aplikasi pada Televisi Berlangganan).


1.  J2ME (Java 2 Micro Edition)
   
     Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan bagian dari platform java yang terdiri dari kumpulan dari Java API untuk mengembangkan software yang bersifat kecil, ramping, dan hemat memori. Pada saat ini, J2ME sangat populer untuk pengembangan game pada mobile device dan pengembangan aplikasi-aplikasi mobile. Pada taraf pengembangan aplikasi J2ME memiliki emulator yang dapat dipergunakan untuk tes aplikasi komputer pengembang, sehingga pengembang dapat lebih mudah melakukan coding, testing dan debugging pada emulator yang terdapat pada PC.


     J2ME terbagi menjadi 2 bagian, bagian yang pertama merupakan platform yang diperguanakan untuk mengembangkan palikasi taraf small mobile device sedangakan bagian kedua merupakan platform yang dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi pada taraf smart phone mobile device. Untuk tafar small device biasa menggunakan Connected Limited Device Configuration (CLDC) sedangkan untuk taraf smart phone menggunakan Connected Device Configuration (CDC).

     CLDC merupakan kumpulan dari Java library yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi dengan taraf small mobile device. CLDC didesain secara khusus agar aplikasi yang dibuat dengan library di CLDC dapat berjalan pada kondisi memori yang terbatas, supply power atau tenaga yang kecil dan kemampuan grafis yang minimum. Konfigurasi dari CLDC terdiri dari set-set library dan fitur dasar dari virtual machine yang diimplementasikan ke dalam lingkungan J2ME.

     Mobile Information Device Profile (MIDP) merupakan kumpulan dari library Graphical User Interface (GUI) API. Di dalam MIDP juga terdapat API untuk kepentingan pengembangan aplikasi yang berbasiskan grafik 2D seperti mobile game. Sedangkan MIDlet merupakan aplikasi mobile yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java oleh
software developer. MIDlet dapat ditulis sekali dan dapat berjalan pada setiap mobile device yang mendukung spesifikasi Java Mobile.

     J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini menghabiskan sedikit daya dari baterei karena memiliki jumlah memori yang terbatas, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.Dengan perkembangbiakan perangkat mobile konsumer dari telepon, PDA, kotak permainan ke peralatan-peralatan rumah, Java menyediakan suatu lingkungan yang portable untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi pada perangkat ini.

     Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dicompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan dengan Java Virtual Machine(JVM).Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dicompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda. J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan.


Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan J2ME

     Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

     OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

     Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

     Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

     Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan J2ME

     Tulis sekali, perbaiki di mana saja – Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

     Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

     Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.


2.  ANDROID

     Penemu Android adalah Andy Rubin yang lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat. Andy Rubin bersama-sama dengan Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White mendirikan Android.inc dan apada Juli 2005 dibeli oleh Google.

     Android berasal dari bahasa Yunani, yaitu "andr" yang artinya "laki-laki", dan "eides" yang artinya "dari spesies; menyerupai". Dan dalam perkembangannya, Android menjadi nama sistem operasi ponsel yang di pilih oleh Google.


     Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

     Android adalah sistem operasi yang dirancang terutama untuk perangkat touchscreen (layar sentuh) mobile seperti smartphone dan komputer tablet. Awalnya dikembangkan oleh Android Inc. kemudian di akuisisi oleh Google pada pertengahan tahun 2005 dan mengubah nama penyedia aplikasi Android dari Android market menjadi Google play. Android diresmikan pada tahun 2007 dan ponsel Android pertama kali dijual pada Oktober 2008.

     Dengan sistem distribusi open sources yang digunakan memungkinkan para pengembang untuk menciptakan beragam apikasi menarik yang dapat dinikmati oleh para penggunanya, seperti game, aplikasi dan lain-lain. Hal tersebutlah yang membuat smartphone berbasis Android ini lebih murah dibanding gadget yang sejenis. Pada bulan Oktober 2012, ada sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk Android dan perkiraan jumlah aplikasi yang diunduh dari Google Play, toko aplikasi Android utama, adalah 25 miliar.

     Faktor-faktor ini telah membuat Android menjadi yang paling banyak digunakan platform smartphone di dunia dan software pilihan bagi perusahaan teknologi yang membutuhkan biaya rendah. Akibatnya, meskipun terutama dirancang untuk ponsel dan tablet, ia telah melihat aplikasi tambahan pada televisi, konsol game dan elektronik lainnya.

     Pada perkembangannya, sistem operasi Android telah mengalami beberapa perubahan dan perbaikan. Dan yang paling menarik adalah versi keluaran Android yang diberinama seperti nama-nama makanan.

Berikut merupakan beberapa versi dari Android:

1.   ANDROID KITKAT ( VERSI 4.4 )

     Google selaku pemilik Android telah mengumumkan peluncuran Android versi terbaru Android KitKat pada bulan Oktober tahun ini (2013), namun belum diketahui dengan pasti berapa tanggal peluncurannya. Berbagai media banyak yang memprediksi tanggal 28 Oktober adalah tanggal peluncuran Android Versi 4.4 ini. Nexus 5 adalah Smartphone pertama yang bakal mencicipi OS Android Kitkat.

Berikut ini adalah beberapa fitur Android KitKat yang diklaim lebih cerdas dari Versi Android sebelumnya :
ü Fitur SMS yang terintegrasi langsung kedalam Aplikasi Google Hangouts.
ü Terdapat fasilitas Could Printing, dimana pengguna dapat Printing secara nirkabel/mengirim perintah ke           Laptop / PC yang terhubung dengan printer.
ü Desain ikon dan tema yang lebih unik dan realistik.
ü Mendengarkan perintah suara dari Google Now tanpa menguras daya baterai.
ü Navigasi dan statusbar yang mengalami pembaruan.
ü Interface yang sangat halus.
ü Bisa mengakses aplikasi kamera dari layar yang terkunci.


2.     ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.3 )

     Pada tanggal 22 Agustus 2013 Jelly Bean 4.3 telah resmi dirilis. Jelly Bean 4.3 lebih fokus pada pembaruan minor. Nexus 7 adalah Ponsel Pintar pertama dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.3. Beberapa fitur menarik dari sistem ini antara lain :

1. Terdapat dukungan multi user dengan Restricted Profiles, fitur ini memungkinkan bagi administrator untuk 
    membuat lingkungan yang berbeda bagi setiap user, sehingga bisa mengontrol penuh penggunaan aplikasi 
    yang tersedia untuk profil user yang dibuat. Ini sangat efektif jika pengguna memiliki anak dan membatasi 
    penggunaan aplikasi Android.

2. Hadir dengan tehnologi Smart Bluetooth, penggunaan bluetooth tanpa khawatir menghilangkan banyak 
    daya.

3.  Mendukung Open GL ES 3.0, performa grafis yang lebih bagus dan realistis.

4.  Modular DRM Framework, ini berguna bagi pengembang untuk mengintegrasikan hak digital menjadi 
     streaming protocol. Selain itu, Android Jelly bean 4.3 juga mempunyai performa yang bagus   
    dibandingkan dengan pendahulunya.

3.  ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.2 )

     Android versi 4.2 ini merupakan versi terbaru dari versi versi Android sebelumnya. Jelly Bean V.4.2 diklaim lebih pintar dan inovatif dibandingkan dengan pendahulunya. Beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain Notifications, Google Assistant, Face unlock dengan Liveness Check, Barrel Roll, Smart Widget, Google Now, Tehnologi Project Butter untuk meningkatkan responsifitas yang sangat baik, Sistem operasi yang cepat dan Ringan, Full Chrome browser menjejalah internet menggunakan Google Chrome seperti pada PC.


4.  ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.1 )

     Jelly Bean-Android versi 4.1 yang diluncurkan pada acara Google I/O membawa fitur fitur baru yang menawan, beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain, pencarian dengan menggunakan Voice Search yang lebih cepat, informasi cuaca, lalu lintas, hasil pertandingan olahraga yang cepat dan tepat, selain itu versi 4.1 ini juga mempunyai fitur keyboard virtual yang lebih baik. Permasalahan umum yang sering ditemui pengguna Android adalah baterai, namun Baterai dalam sistem Android Jelly Bean versi 4.1 ini diklaim cukup hemat.


5.  ANDROID ICE CREAM SANDWICH / ICS ( VERSI 4.0 )

     Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS adalah android pertama yang mempunyai fitur baru membuka kunci dengan pengenalan wajah. Fitur ini belum dimiliki oleh Android versi dibawah Ice Cream Sandwich tetapi sudah disempurnakan pada versi diatasnya. Selain itu Ice Cream Sandwitch juga mempunyai penampilan Interface yang bersih dan smooth.

     Ice Cream Sandwitch juga mempunyai font yang bernama Roboto. Jika digunakan font ini terlihat sangat simpel namun elegan, tampilan yang diciptakan oleh font Roboto sungguh terkesan unik.


 6.   ANDROID HONEYCOMB ( VERSI 3.0 / 3.1 )

    Android versi 3.0/3.1 Honeycomb berbeda dengan versi versi android lain. Android Honeycomb dikhususkan untuk komputer tablet. Pembawaan sistem operasi juga telah disesuaikan untuk tablet. Sistem operasi ini bisa kita lihat pada Eee Pad Transformer produksi dari brand ternama "Asus".

     Built-in Video Calling Google Talk merupakan salah satu fitur yang ada pada Honeycomb. Perubahan besar-besaran pada Android Honeycomb yang didesain untuk tablet terlihat sangat profesional.


7.  ANDROID GINGERBREAD ( VERSI 2.3 )

   Android versi 2.3 Gingerbread meningkatkan performa dan kemampuan umum, seperti game, audio, video, kamera dll. Fungsi dan penerapan copy paste juga telah dioptimalkan. Android Gingerbread merupakan evolusi ke 6 dari versi awal Android.

Beberapa fitur unggulan Gingerbread antara lain :
- User interface hemat energi
- Keyboard virtual dengan word selection
- Power Management
- App control
- Dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu


8.    ANDROID FROZEN YOGURT / FROYO ( VERSI 2.2 )

    Android versi 2.2 Froyo pertamakali diluncurkan pada tahun 2010. Frozen Yogurt telah dilengkapi dengan fitur Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja pada sistem ini juga 3 sampai 5 kali lebih cepat dari pendahulunya.

Beberapa fitur unggulan dalam Android Froyo antara lain :
- Mampu merekam video dengan HD Quality
- Bisa meletakkan aplikasi di dalam MMC/SD Card
- Bisa untuk dijadikan Hotspot
- Performa yang meningkat
- Kemampuan auto update dalam Android Market


 9.   ANDROID ECLAIR ( VERSI 2.0 / 2.1 )

    Android versi 2.0 / 2.1 atau yang disebut juga Android Eclair merupakan generasi ke 4 dari versi Android, Versi Eclair lebih memfokuskan pada pengoptimalan hardware, selain itu Google Map pada Android Eclair juga ditingkatkan (Google Map 3.1.2).

Beberapa fitur lain yang dikembangkan pada Android Eclair antara lain :
- Kamera 3,2 Megapixel yang didukung oleh "flash"
- Daftar kontak baru yang elegan
- Pada versi ini HTML5 telah terdukung pada perubahan UI dengan browser baru.
- Bluetooth 2.1 dengan kecepatan trasfer file lebih unggul.


10.  ANDROID DONUT ( VERSI 1.6 )

       Dilihat dari namanya mungkin kita akan membayangkan suatu kue yang biasa kita makan, donat. Namun donat yang satu bukanlah nama makanan, melainkan nama lain dari Versi Android 1.6. Android Donut lebih mengembangkan aplikasi - aplikasi bawaan pada ponsel diantaranya :

- Proses searching yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.
- Fitur pada galery yang lebih "user friendly".
- Mendukung Resolusi Layar WVGA.
- Peningkatan Android Market dan Aplikasi dari versi sebelumnya.
- Upgradeable ke versi 2.1 (Eclair).


11.  ANDROID CUPCAKE ( VERSI 1.5 )

       Android Cupcake atau Android Versi 1.5 merupakan pengembangan dari versi terdahulu Android 1.1. Versi ini mendukung penuh untuk upload Video ke Youtube atau Gambar ke Picasa langsung dari telepon selular. Bluetooth A2DP juga sudah terintegrasi pada Android versi Cupcake ini.

     Android  Cupcake pertama kali diluncurkan pada bulan Mei 2009. Dalam versi ini Google telah merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan Software Development Kit / SDK dengan versi 1.5 atau yang disebut dengan Cupcake.

  
12.  APA ITU ANDROID VERSI 1.1

       Tepat dua bulan sebelum peluncuran Android Versi 1.5, Android hadir pada Versi 1.1 yang tepatnya pada tanggal 9 Maret 2009. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada Aplikasi :

- Pesan
- Alarm
- Jam
- Voice search
- Pengiriman pesan Gmail
- Pemberitahuan Email masuk
- Browsing


Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan OS Android

  1. Bersifat multitasking : artinya kita dapat menjalankan beberapa applikasi/program secara bersama-sama tanpa mengganggu program yang lain. Tidak seperti sistem operasi pendahulunya yang mengharuskan kita mematikan program yang sedang berjalan bila kita ingin membuka program yang baru, hal ini tidak berlaku bagi Android. Karenanya pengguna akan dapat lebih nyaman menggunakan Android.
  2. Sistem operasi yang bersifat Open Source : handphone manufaktur dapat menggunakannya dengan bebas dan para pengembang applikasi juga dapat membuat program diatas sistem operasi android dengan gratis. Hal ini makin memperluas pengguna Android sehingga Android lebih terjangkau baik dari segi harga maupun fungsi.
  3. Banyak Applikasi yang dapat di download dengan Gratis: point nomor 2 menyebabkan pengembang applikasi lebih leluasa mengembangkan android dan membuat applikasi yang gratis tersedia sangat banyak
  4. Tampilan sangat elegan dengan touch screen dan didukung oleh manufaktur handphone terkemuka di duunia.
  5. Themes yang dapat dikonfigurasi dan di download dengan mudah. Kita dapat memilih themes yang sesuai dengan keinginan kita sehingga tidak ada lagi kata bosan.
  6. Syncronisasi email, task dan dukungan messenger seperti YM, Whatsup dan yang terakhir adalah kemampuan berintegrasi dengan Blackberry Messenger.

 Kekurangan OS Android

  1. Baterai yang cepat habis : karena biasanya penggunaan Android memerlukan konektifitas data yang lebih intens seperti sync email, YM, whatsup dan lain sebagainya maka biasanya baterai harus dicharge paling tidak sehari sekali.
  2. Pengoperasian akan sulit di pertama pemakaian, anda akan menemukan banyak pilihan-pilihan. Hal ini mungkin membingungkan pada awalnya, namun akan memudahkan anda di kemudian hari.
  3. Untuk applikasi yang gratis biasanya pembuat applikasi akan menaruh iklan didalam applikasi, walaupun tidak semua applikasi gratis ada iklannya. Namun sayangnya beberapa applikasi gratis sangat berlebih menempatkan iklan di applikasi mereka.
  4. Koneksi Internet yang intens, tergantung anda memilih operator. Bila anda memilih operator dengan harga berlangganan internet yang murah itu merupakan keuntungan bagi anda.
    
    Platform Android

   Android menyediakan sesuatu yang lebih bernilai dari pada apa yang ditawarkan oleh J2ME. Fitur unggulan dari platform yang dikembangkan Google,Inc. dari kernel Linux 2.6 ini adalah pada Framework yang sedemikian lengkap sehingga memudahkan pengembangan aplikasi. Lebih dari itu,  android juga mampu menyediakan sistem konfigurasi, dari pengembangan kernel Linux 2.6 untuk hardware dan web service yang sangat baik untuk pengembangan SmartPhone. Berikut ini adalah arsitektur dari Platform Android


    Gambaran Arsitektur dari mulai level terbawah yakni Kernel sampai pada level teratas yakni Applikasi sangat lengkap. Dengan kernel linux 2.6 yang sudah teruji dan support dari Perusahan Kelas Internet Terbesar yakni Google, Inc. Wajar saja jika dalam waktu yang relatif singkat, platform ini dapat menjadi trend platform mobile saat ini.


    Berpindah dari J2ME ke Java Android

  Dengan segala kompleksitas sistem yang dimiliki android wajar jika sebagian pengembang J2ME bermigrasi ke Java Android. Terlebih bahasa yang digunakan keduannya  untuk pengembangan aplikasi adalah Java. Memang ada sedikit perbedaan antara Java J2ME dengan Java Android, terutama berkaitan dengan Teknologi yang sudah jauh berbeda. Namun Kehadiran Google Android API (Application Programmer Interface) dan Library serta FrameWork yang melimpah , membuat porting aplikasi J2ME ke Java Android menjadi sangat mudah dilakukan. Kebanyakan Para Pengembang J2ME sangat terbantu terutama dengan bantuan Google API.

    Komentar dari salah seorang developer, yang saya singkat menyebutkan bahwa J2ME adalah bahasa yang sangat mudah dipahami, sedangkan untuk berpindah ke Java Android anda harus berpikir lagi. Namun dengan J2ME anda harus membuat semuanya dari awal, sedangkan pada Java Android anda hanya perlu mengembangkan beberapa komponen dan framework yang sudah ada.


1 comment:

ss