Tuesday, 4 June 2013

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Awal Sampai Sekarang




     Siapa yang tidak tau komputer pada saat ini? saya yakin semua pasti tau apa itu komputer. tetapi apakah kalian tau bagaimana komputer bisa ada didunia ini yang bisa memudahkan kita dalam mengerjakan sesuatu apapun itu.
nah disini saya akan mencoba menjelaskan sejarah komputer dari generasi pertama sampai saat sekarang ini.

dimulai pada komputer generasi pertama  (1946 – 1959)

ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.



tabung hampa udara (vacum-tube)
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung hampa udara (vacum – tube) untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer.Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya.Pada  tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC sesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (vacum tube) untuk sirkuitnya.
  • Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
  • Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
  • Cepat panas.
  • Proses kurang cepat.
  • Kapasitas penyimpanan kecil.
  • Memerlukan daya listrik yang besar.
  • Orientasi pada aplikasi bisnis.
generasi kedua (1959 – 1964)
nah generasi kedua komputer menggunakan komponen-komponen transistor untuk pusat prosesing unit dan inti magnetik untuk memori. Daya ketahanan transistor didapati lebih baik kerana ia tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan vacum-tube . Channel data muncul di generasi ini, sejalan dengan fitur khusus untuk meningkatkan kecepatan cpu. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan yaitu teras magnetik. Teras magnetik menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.
komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Sirkutinya berupa transistor.
  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti fortran, cobol, algol.
  • Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.
  • Proses operasi sudah cepat.
  • Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
  • Berorientasi pada bisnis dan teknik.

1961 ibm 1400

generasi ke tiga (1964 – 1970)


1964 - IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
  • Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
  • Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
  • Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
  • Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
Sifat-sifatnya:
  • Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
  • Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
  • Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
  • Prosesnya sangat cepat
  • Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.
generasi keempat (1970 – 1990)

           1977-trs 80                                                                                        1982 – commodor e 64

         1987 – ibmps2
 Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebuh sederhana.
Ciri ciri komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
  • Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip
  • Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
  • Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
Sifat-sifatnya:
  • Ukurannya relatif lebih kecil
  • Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
  • Mengenal DataBase Management System (DBMS).
  • Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, INTEL
  • Contoh mesin; IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Aplle II, COMMODORE PC ,INTEL i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core.
Komputer genarasi ini telah berkembang sangat pesat karena penggunannya yang sangat mudah (friendly user) dan serba guna apalagi di bidang industri dan teknologi informasi, peranan komputer sangatlah membantu.

Windows
Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terahkir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri – X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

2. Versi-versi Windows
2. 1. Sudah dirilis
• 16-bit, berjalan di atas MS-DOS
o 1985 November – Windows 1.0
o 1987 9 Desember – Windows 2.0
o 1990 22 Mei – Windows 3.0
o 1992 Agustus – Windows 3.1

o 1992 Oktober – Windows for Workgroups 3.1
o 1993 November – Windows for Workgroups 3.11
• Hibrida (16-bit/32-bit), berjalan tanpa MS-DOS (meski tidak sepenuhnya)
o 1995 24 Agustus – Windows 95 (Versi: 4.00.950)
o 1998 25 Juni – Windows 98 (Versi: 4.1.1998)
o 1999 5 Mei – Windows 98 Second Edition (Versi: 4.1.2222)
o 2000 19 Juni – Windows Millennium Edition (Me) (Versi: 4.9.3000)
• Berbasis kernel Windows NT
o 1993 Agustus – Windows NT 3.1
o 1994 September – Windows NT 3.5
o 1995 Juni – Windows NT 3.51
o 1996 29 Juli – Windows NT 4.0
o 2000 17 Februari – Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
o 2002 – Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
o 2003 – Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
o 2007 – Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000)
2. 2. Versi yang akan datang
• 2007 – 2008 – Windows Server 2008 (versi 6.1)
• 2010 – 2012 – Windows “Vienna”.

Linux
Sejarah Linux diawali dari pengembangan sistem yang bernama UNIX oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie (Biografi ada di ilmukomputer.com) yang berasal dari AT&T Bell labs, pada tahun 1968. Karena tujuan UNIX adalah sistem operasi yang multi user dan multi tasking, maka UNIX ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C (sebelumnya menggunakan bahasa B). Hal ini memungkinkan untuk didevelop ke berbagai platform hardware tanpa perlu harus menuliskan kode yang spesifik. Sehingga develop itu masih terus bertahan sampai saat ini.

Bell melisensikan sistem operasi ini kebeberapa institusi, salah satunya ke departemen Ilmu Komputer Universitas Berkeley California, yang akhirnya menghasilkan beberapa cloning UNIX dengan kode BSD (Berkeley Software Distribution) Professor Andrew Tanenbaum telah mengembangan sistem operasi Unix yang dapat berjalan pada personal computer yaitu MINIX (Mini UNIX). Namun sistem ini tidak memiliki seluruh fungsi UNIX yang diinginkan mahasiswa saat itu, terutama untuk mahasiswa bernama Linus Trovalds.

 
Linux muncul pada tahun 1991 yang dikembangkan oleh mahasiswa yang bernama Linus Trovalds dengan tujuan membuat sistem operasi gratis dengan kemapuan seperti UNIX tetapi kompatibel dengan PC. September 1991, Linux diluncurkan pertama kali dengan panjang source code 10.239 lines versi 0.01. Perkembangan berikutnya adalah versi 0.95 yang dianggap rilis paling penting, karena mampu menjalankan X Windows System. Pada tanggal 9 Mei 1996, TUX diresmikan sebagai maskot Linux yang dibuat oleh Larry Ewing sesuai dengan pernyataan “Linus likes penguins”. Nama TUX sendiri diambil dari Trovalds Unix untuk menghormati Linus Trovalds sebagai pengembang Linux.
Pada awalnya Linux diluncurkan dibawah lisensi yang melarang komersialitas. Tetapi pada perkembangannya, Linus Trovalds mengubah lisensinya menjadi GNU General Public License. Lisensi mengijinkan distribusi atau bahkan penjualan versi Linux yang sudah dimodifikasi tetapi dengan catatan bahwa semua distribusi tersebut harus dibawah lisensi GNU GPL dan harus dengan source code programnya.


Linux memiliki beberapa kelebihan setara dengan UNIX, antara lain:
1. Multi Thread
2. Multi User
3. Multi Processing
4. Manajemen Memori yang bagus
5. Sekuritas
6. File System stabil
7. Ketersedian source code
8. Tersedia dlam versi livecd

 Perintah Dasar Pada Sistem Operasi Linux (Fedora Core)
Oleh : Eka Budi Santosa 

Linux adalah sistem operasi opensource yang mempunyai banyak versi (distro). Pada artikel ini mengacu pada distro Fedora Core. Secara umum distro-distro mempunyai perintah yang sama hanya saja ada sedikit perbedaan pada beberapa distro yang lain. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa perintah, nama file dan direktori pada Linux bersifat Case-Sensitiv (membedakan huruf besar dengan huruf kecil).
Struktur Dasar perintah Linux
Struktur dasar perintah linux adalah sebagai berikut : 

Perintah [pilihan] [argument]
Keterangan :
�� Perintah adalah command yang digunakan untuk melakukan suatu aksi tertentu.
�� Pilihan, untuk mengubah atau menambah default tindakan dari perintah
�� Argument, menyatakan obyek yang akan diproses oleh perintah, berupa file atau direktori

Tanda kurung siku berarti bagian tersebut bersifat opsional.
Administrasi User
Perintah ini untuk membuat/menghapus user dan memberi dan menghapus password user.
# adduser namauser → untuk membuat user
# namauser → memberi password user
# userdel namauser → menghapus user
# userdel –r namauser → menghapus nama user beserta home direktorinya
# passwd –d namauser → manghapus password user
#/$ logout → logout user
#/$ ctrl+d → logout user
Informasi login : 

[root@xabudy root]#
Tanda # berarti login sebagai root, tanda $ berarti login sebagai user biasa.
Berpindah-pindah Mode
Berpindah dari mode grafis ke text
Ctrl+Alt+F1 → pindah ke konsole1
Ctrl+Alt+F2 → pindah ke konsole2
Ctrl+Alt+F3 → pindah ke konsole3
Ctrl+Alt+F4 → pindah ke konsole4

Nama user

Nama komputer

Direktori aktif
Ctrl+Alt+F5 → pindah ke konsole5
Ctrl+Alt+F6 → pindah ke konsole6
Berpindah dari text ke text
Alt+F1
Alt+F6
Berpindah dari text ke grafis
Alt+F7, bila aktif langsung pada mode text cara mengaktifkan grafis dengan startx.
Administrasi Direktori dan File
Pindah Direktori
#/$ cd namadirektori → berpindah ke nama direktori yang dituju dari direktori induk
#/$ cd [path] → berpindah langsung ke direktori yang dituju
#/$ cd / → berpindah ke direktori /
#/$ cd .. → berpindah ke direktori induk
#/$ cd → berpindah ke direktori root
Melihat isi direktori
#/$ ls → menampilkan isi direktori secara singkat
#/$ ls –a →
#/$ ls –l → menampilkan isi direktori lengkap dengan informasi file
#/$ ll → sama dengan ls –l
#/$ ll |more → menampilkan isi direktori per layer/halaman
Melihat struktur direktori aktif
#/$ pwd → menampilkan path dari direktori aktif
Membuat direktori
#/$ mkdir namadirektori
#/$ mkdir namadirektori namadirektori …. → membuat direktori langsung banyak
Mengkopi file
#/$ cp namafile /direktori_tujuan
Memindah File
#/$ mv namafile /direktori_tujuan
Rename nama file atau direktori
#/$ mv nama_lama nama_baru
Menghapus direktori
#/$ rmdir namadirektori → menghapus direktori kosong
#/$ rmdir –r namadirektori → menghapus direktori beserta isi

Membuat dan mengedit file
�� touch → membuat file tanpa isi
#/$ touch namafile
�� cat → membuat file
#/$ cat namafile
……...ketik………
Ctrl+d → untuk save
�� vi → membuat dan mengedit
#/$ vi namafile
Tekan tombol insert untuk memulai dokumen, tombol esc untuk keluar
Untuk menyimpan, setelah esc ketik “:wq”
�� mcedit → membuat dan mengedit
#/$ mcedit namafile
Tekan F2 untuk save
Tekan F10 untuk keluar

Membaca device (fdd, hdd, cdd)
Baca floppy disk
#/$ mount /dev/fd0 /mnt/floppy
Struktur dari perintah diatas : [perintah] [device yang diaktifkan] [direktori mountpoint]
Atau bisa dengan perintah berikut
#/$ mount /mnt/floppy
#/$ mount /media/floppy
Menghentikan pembacaan
#/$ umount /mnt/floppy
#/$ umount /media/floppy
Membaca CDROM/DVDROM
Pembacaan device ini pada dasarnya otomatis, jika tidak menggunakan perintah berikut
#/$ mount /mnt/cdrom
#/$ mount/media/cdrom
Membaca Harddisk
Melalui tiga tahap berikut
Buat direktori mount point (missal: /mnt/drive_c)
Cari posisi hardisk dengan perintah
#/$ fdisk –l
Lakukan pembacaan dengan
#/$ mount /dev/hda1 /mnt/drive_c
Melihat manual/help suatu perintah
#/$ man namaperintah
#/$ man |more namaperintah → menampilkan manual per halaman
DIRECTORY LINUX
Salah satu hal yang membingungkan bagi pengguna Linux pemula ada struktur direktori di linux. Berikut ini adalah sedikit penjelasan singkat tentang direktori di Linux.
/ (Back slash)
Direktori root. Satu-satunya direktori utama di Linux. Semua berawal dari sini. Ketika anda mengetikkan ‘/home’ berarti anda mulai dari direktori root dan ke direktori home
/root
Direktori ini adalah direktori milik user root. User root adalah penguasa system operasi linux anda. Root dapat melakukan apa saja, termasuk menghapus seluruh file system. Hati-hatilah menggunakan root.
/bin
Direktori ini adalah direktori dimana program standar linux berada. seperti perintah ‘ls’ dan ‘vi’ dan ‘more’. Umumnya direktori ini ini sudah di ikutkan dalam path linux anda. Ketika kita mengetik perintah ‘ls’, direktori inilah yang akan pertama kali dituju oleh system linux untuk mencari perintah ‘ls’.
/etc
Semua konfigurasi admini dan system berada disini. sebagai contoh, jika anda sudah menginstall samba, dan anda ingin mengubah konfigurasi samba, maka anda dapat mengubahnya di direktori /etc/samba
/dev
direktori inilah yang mengontrol semua peripherals komputer anda.
/home
Di dalam direktori inilah data anda di tampung. file konfigurasi untuk user tertentu juga berada di direktori ini. masing-masing user mempunyai folder di /home/nama_user, kecuali user root.
/tmp
Direktori temporary. file sementara yang di perlukan oleh suatu program akan tersimpan di dalam direktori ini. Kebanyakan System Linux di set otomatis untuk menghapus isi dari direktori /tmp. Jadi, jangan menyimpan file penting anda disini.
/usr
Di direktori inilah anda dapat mencari program ekstra yang tidak ada di /bin atau /etc. Seperti game, dan program printer. Direktori /usr di bagi menjadi beberapa bagian seperti, /usr/bin untuk program,
/usr/share
Untuk data bersama seperti file sound dan ikon, /usr/lib untuk librari yang tidak bisa langsung dijalankan tetapi di butuhkan oleh beberapa program.
/opt
Di direktori inilah beberapa pilihan opsional. Cobalah program firefox beta yang terakhir di rilis. Install ke dalam direktori /opt. Anda dapat menghapusnya langsung tanpa mempengaruhi setting yang lainnya. Program yang ada di dalam direktori ini biasanya berada di dalam satu folder termasuk semua data, librari dan lainnya.
/usr/local
Ketika anda menginstall program secara manual, biasanya program tersebut akan di install ke dalam direktori ini.
/media
Beberapa distro linux menggunakan direktori ini sebagai direktori mount untuk usb disk, cd atau dvd drive dan juga file system yang lain.