Monday, September 22, 2014

MASALAH DALAM PENGUMPULAN DATA

MASALAH-MASALAH DALAM PENGUMPULAN DATA
Masalah-masalah yang akan di jumpai peneliti selama proses pengumpulan data sangat bervariasi,tetpi pada prinsipnya dapat di bedakan menjadi dua sumber masalah,yaitu masalah yang berasal dari subjek dan masalah dari peneliti sendiri.


A.    Masalah pada Subjek.

  1. Keterbatasan jumlah subjek Peneliti mungkin menemui hambatan karena hanya sedikit jumlah subjek yang tersedia atau mereka menolak untuk menjadi peserta.Kesalahan tersebut terjadi karena peneliti kurang dapat memproduksi jumlah subjek yang bermasalah.
  2. Subject Mortality Subjek mungkin setuju untuk menjadi responden akan taetapi salah dalam pengisian ataupun tidak lengkap.ataupun beberapa subjek tidak ada di tempat pada waktu wawancara yang kedua kalinya atau tidak mengembalikan daftar isian dari kuesioner atau terganggu kesehatan sehingga ia di kelurkan dari peneliti.Pada kesalahan ini mutlak bukan suatu kesengajaan,tetpi suatu insiden.untuk tetap mempertahankan akurasi maka peneliti harus melaporkan dalam hasil peneliti tentang masalah yang di hadapi.
  3. Subjek sebagai objek Peneliti pada tahap pengumpulan data ini mungkin bersifat kurang sopan ataupun menakut-nakuti sehingga isian ataupun jawaban yang di berikan tidak sesuai dengan kehendak responden.Peneliti memperlakukan responden sebagai objek dari subjek seperti halnya kita memperlakukan responden sebagai orang yang membutuhkan perawatan.
  4. Pengaruh dari luar Semua jawaban dari subjek di pengaruhi oleh orang di sekitarnya ataupun subjek di keluarkan oleh peneliti karena sang isteri atau suami pada pertengahan peneliti tidak setuju menjadi responden secara mendadak.
  5. Passive Resisten Tidak adanya tanggapan yang baik dari tenaga kesehatan (dokter dan perawat) lain terhadap riset yang kita laksanakan.Sehingga pengumpulan data yang kita laksanakan tidak akurat.misal,seorang peneliti sedang melakukan eksperimen dengan memberikan pengobatan pada kulit akan tetapi perawat yang lain merasa bahwa tindakan tersebut akan mengganggu kegiatan rutinitas,khususnya dalam hal mandi dll.
B.    Masalah pada peneliti.
  1. Interaksi Peneliti kurang dapat melakukuan interaksi dengan baik kepada subjek,sehingga informasi yang di terima dari subjek kurang akurat .
  2. Kurangnya Keterampilan Kurangnya keterampilan ataupun pengalaman dalam pengumpulan data berdampak terhadap data yang di kumpulkan.Hal ini bisa di lihat pada peneliti pemula yang biasanya hanya menekankan pada data-data yang di liat tanpa adanya upaya untuk menggali/menghubungkan dengan data lain.Sebenarnya di balik semua data yang di berikan terdapat informasi yang sangat di perlukan untuk menjawab pertanyaan peneliti.
  3. Komplik peran dari peneliti Sebagai seorang peneliti kadang kita merasa seorng petugas di lapangan,sehingga pada waktu melakukan pengumpulan data kita melakukan intervensi keperawatan secara emosional.Akibatnya hasil yang kita harapkan akan bias,karena kita terlalu dominan memengaruhi pendapat dari klien(subjek).

No comments:

Post a Comment