Tuesday, June 04, 2013

Sejarah dan Perkembangan RAM (Random Access Memory)





A.  Jenis-jenis RAM

       Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM).

Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.

       Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semaki besar memori yang disediakan, maka semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolah.
Beberapa jenis memori adalah :

EDO RAM

EDO RAM dapat memberikan performa system 50% lebih cepat dibandingkan dengan DRAM. EDO RAM sama seperti FPM DRAM, dengan beberapa chace yang dibangun ke chip. Seperti FPM DRAM, EDO RAM memiliki kecepatan maksimal 50MHz EDO RAM uga harus membutuhkan L2 Cache untuk membuat semuanya berjalan dengan cepat, namun jika user tidak memilikinya, maka EDO RAM akan berjalan jauh lebih lambat.

FPM RAM (Fast Page Mode DRAM)

Fast Page Mode DRAM adalah model DRAM paling lama. Masalah yang sering muncul dari FPM DRAM adalah kecepatan transfernya yang lambat yakni maksimum 50MHz.

SDRAM (Synchronous DRAM)

Hampir semua system menggunakan tegangan 3.3 volt, 168-pin SDRAM DIMM ini. SDRAM bukanlah sebuah ekstensi dari seri EDO RAM yang lama, namun merupakan tipe baru dari DRAM. SDRAM mulai berjalan dengan kecepatan transfer 66MHz, sementara mode halaman DRAM dan EDO yang lebih lama akan berjalan di maksimal 50MHz. SDRAM sekarang ini dapat berjalan dengan kecepatan 133MHz (PC133), dan bakan hingga 180MHz atau lebih tinggi. Untuk mempercepat kinerja processor, maka RAM generasi baru seperti DDR dan RDRAM biasanya dapat mendukung performa yang lebih baik.

DDR (Double Data Rate SDRAM)

DDR pada dasarnya memiliki kecepatan transfer dua kali lipat daripada SDRAM. DDR akan beroperasi di 333MHz, dengan pengoperasian sebenarnya 166MHz * 2 (aka PC333 / PC2700) atau 133MHz*2 (PC266 / PC2100). DDR RAM juga kompatibel dengan SDRAM secara fisik, namun menggunakan bus parallel yang sama, sehingga membuat implemnetasi lebih mudah dibandingkan RDRAM, yang merupakan teknologi berbeda.

Rambus RAM (RDRAM)

Selain harganya yang cukup mahal, Intel memberikan RDRAM untuk konsumen, dan merupakan pilihan yang tepat untuk memori Intel Pentium.
 RDRAM merupakan teknologi memory serial yang datang dengan tiga pilihan, yakni PC600, PC700, dan PC800. PC800 RDRAM didesain dengan double maximum kecepatan transfer daripada PC100 SDRAM, namun memiliki latensi tinggi. RDRAM memiliki multi channel, seperti pada motherboard Pentium 4, yang dapat menawarkan fungsi memori paling bagus, terutama ketika dipasangkan dengan memory PC1066 RDRAM.

-RAM (Random Access Memory)

       RAM adalah ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau di baca oleh prosesor, dan bersifat sementara. Slot memori pada motherboard 30pin (kaki).
       RAM (Random Access Memory) itu tempat menyimpan dan mengolah data. Biasa digunakan sebagai “Working Storage”, tempat dimana komputer menjalankan program. Disini program/data dapat ditulis, dibaca, dan dihapus dari RAM, dan ssat komputer dimatikan maka isi dari RAM tersebut akan hilang.
       RAM (Random Access Memory) dalam komputer berfungsi sebagai alat penyimpanan data yang dibutuhkan prosesor untuk menjalankan perintah pengguna komputer ketika menggunakan sebuahaplikasi.
       Sebagai gambaran agar mudah dimengerti, saat komputer dihidupkan, prosesor mengambil data dariharddisk. Akan tetapi, umumnya harddisk lamban untuk menyediakan data yang diminta oleh prosesor, sehingga di sini dibutuhkan kehadiran RAM untuk membantu penyediaan data yang diminta oleh prosesor.
       Sampai saat ini ada tiga jenis DDR SDRAM yaitu DDR (atau biasa juga disebut DDR1), DDR2 SDRAM atau DDR2 saja dan DDR3 SDRAM atau sering disebut DDR3 saja. Lalu apa perbedaan antara DDR, DDR2 dan DDR3?
Mari kita lihat perbedaan ketiga DDR RAM tersebut.

1. DDR SDRAM - Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory
       DDR (double data rate) RAM generasi 1 merupakan memori yang mulai menggunakan teknologi double clock cycle. Ini berbeda dengan SDR (single data rate) RAM yang hanya mampu melakukan single clock cycle. Sehingga DDR RAM mampu mentransfer data dua kali lebih cepat.
       DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakan DDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu184pin.
       DDR RAM ini ada beberapa jenis seperti DDR-200 (memiliki memory clock 100 MHz), DDR-266 (memiliki memory clock 133 MHz), DDR-333 (memiliki memory clock 166 MHz) dan DDR-400 (memiliki memory clock 200 MHz). Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan DDR1 hanya antara 200-400 MHz.
DDR RAM versi 1 ini dikembangkan sejak 1996 sampai 2000.
       Digunakan pada Intel yaitu pada Pentium III (tidak semua) dan Pentium 4 (pertengahan 1,7 GHz – 2,4 GHz), pada AMD, DDR digunakan pada Duron dan Athlon XP, bahkan Athlon 64 juga ada yang menggunakan memory ini. Perbedaan dengan SDRAM adalah pada notch (coakan) yang ada, pada DDR hanya terdapat 1 notch, yaitu di bagian tengah agak menjauhi pin nomor 1, jumlah pin dari DDR ada 184 pin, sedangkan kecepatan DDR 2 adalah, PC-1600(DDR200), PC-2100(DDR266), PC-2700(DDR333), Dan PC-3200(DDR400).

2.  DDR2 SDRAM - Double Data Rate Two (2) Synchronous Dynamic Random Access Memory
       DDR2 RAM memiliki clock cycle dua kali lebih banyak. Artinya, kemampuanya dua kali lebih cepat dibandingkan DDR1. Memory clock-nya terentang dari 100 MHz sampai 266 MHz. Jenis DDR2 memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-667, DDR2-800 dan DDR2-1066. Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz.
       DDR2 SDRAM - Double Data Rate Two (2) Synchronous Dynamic Random Access Memory, adalah pengembangan dari DDR SDRAM. Modul DDR2 SDRAM memberikan fitur baru dan fungsi clock lebih tinggi. DDR2 mentransfer 64 bit data sebanyak dua-kali dalam tiap siklus clock. Memori DDR2 SDRAM tidak kompatibel dengan slot memori DDR SDRAM.

3.  DDR3 SDRAM - Double Data Rate Three (3) Synchronous Dynamic Random Access Memory
       Sementara DDR3 RAM, dari segi memory clock-nya tak jauh beda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz. Bedanya terletak frekuensi transfernya yang lebih tinggi yaitu mencapai 2133 MHz (DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz) dan voltasenya yang lebih hemat yaitu hanya 1.5v (DDR2 memerlukan voltase 1.8v dan DDR 1 dengan 2.5/2.6v).
       Generasi ketiga dari DDR SDRAM, peningkatkan dari DDR2 SDRAM dengan konsumsi daya lebih kecil, double buffer pre -fetch, dan bandwidth lebih besar karena clock yang tinggi.
       Karena teknologi komputer terus berkembang, bisa dipastikan akan ada banyak jenis memory lain yang akan ditemukan di masa depan. Bisa jadi generasi tersebut dinamakan DDR4, DDR5 atau mungkin dengan nama yang lain. Hanya tinggal menunggu saja kapan memory-memory tersebut diimplementasikan pada desktop PCNotebook, Tablet dan perangkat teknologi yang lain.

-EDO-RAM (Extended Data Out)

       EDO-RAM memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 72pin.

-SDRAM(Synchronous Dynamic Random Access Memory)
       SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 168pin.
       Synchronous Dynamic Random Access Memory (disingkat menjadi SDRAM) merupakan sebuah jenis memori komputer dinamis yang digunakan dalam PC dari tahun 1996 hingga 2003. SDRAM juga merupakan salah satu jenis dari memori komputer kategori solid-state.
       SDRAM adalah jenis DRAM yang men-sinkronkan dirinya dengan busCPU. Modul SDRAM, hingga saat ini, adalah standar memori untuk PC modern. Ketika melihat SDRAM, angka setelah huruf "PC" menunjukkan kecepatan FSB (Front Side Bus) sistem. Contoh: SDRAM PC-100, ini dirancang untuk sistem dengan FSB 100 MHz.
       SDRAM, pada awalnya berjalan pada kecepatan 66 MHz untuk dipasangkan dengan prosesor Intel Pentium Pro/Intel Pentium MMX/Intel Pentium II, dan terus ditingkatkan menjadi kecepatan 100 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium III/AMD Athlon), hingga mentok pada kecepatan 133 MHz (dipasangkan dengan Intel Pentium 4 dan AMD Athlon/Duron). Popularitasnya menurun saat DDR-SDRAM yang mampu mentransfer data dua kali lipat SDRAM muncul di pasaran dengan chipset yang stabil. Setelah itu, akibat produksinya yang semakin dikurangi, harganya pun melonjak tinggi, dengan permintaan pasar yang masih banyak; dengan kapasitas yang sama dengan DDR-SDRAM, harganya berbeda kira-kira Rp. 150000 hingga 250000.
       SDRAM Digunakan pada umumnya pada komputer Pentium 2 sampai awal pentium 4, pada AMD, digunakan pada K5 K6 dan K7 awal (Duron, Athlon), terdapat 2 buah notch, memiliki jumlah pin 168, sehingga pada suatu sisi pin terdapat angka 1, angka 85, angka 86 dan angka 168. SDRAM memiliki kecepatan yang biasa dikenal dengan istilah PC, yaitu PC-66, PC-100, PC-133 dan PC-150.

-RDRAM - Rambus Dynamic Random Access Memory

       RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM menggunakan slot RIMM,yang mirip dengan slot SDRAM.
       RDRAM adalah subsistem memori yang mampu mentransfer data hingga 1,6 GB per detik. Subsistem ini terdiri dari RAM, controller RAM, dan bus (path) koneksi antara RAM dengan mikroprosesor(cache memory) dan perangkat lainnya dalam komputer. Direct Rambus (DRDRAM), digunakan dengan prosesor-P4 tahun 1999. Kecepatannya yang tinggi diharapkan dapat mempercepat interface data visual yang intensif seperti 3-D, game interaktif, dan streaming multimedia. Rambus menggunakan pipelining untuk memindahkan data dari RAM ke tingkat cache memori yang "lebih dekat" ke prosesor-central (CPU) atau processor-graphic (GPU).

B. Sejarah Perkembangan RAM

1 . DRAMmunculpadatahun 1970,IBMmenciptakansebuahmemori yang dinamakan DRAM(Dynamic Random Access Memory) yang mempunyaifrekuensikerja yang bervariasi,yaituantara 4,77MHz hingga 40MHz
2 . FPM RAMmunculpadatahun 1987,RAMjenis FPM (Fast Page Mode) merupakan RAM paling kerap digunakan dalam system komputer pada masa itu,FPM bekerja pada rentangfrekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns.selain itu FPM mampumengolah transfer data (bandwith) sebesar 188,71MB/detik, FPM jugadikenalisebagai DRAM (Dynamic Random Access Memory) saja,FPMmenggunakanmodulmemori SIMM 30 pin & SIMM 72 pin
3 . EDORAMmunculpadatahun 1995,Extended Data Output Dynamic Random Access Memory yang merupakanpenyempurnaandari FPM. EDORAM mempunyai access time sekitar 70ns hingga 50ns &bekerjapadafrekuensi 33MHz hingga 75MHz.
4. SDRAMmunculpadaperalihan 1996-1997,Synchronous Dynamic Random AccsessMemory,lebihdikenalsebagai PC66 karenabekerjapadafrekuensi bus 66MHz.,tegangan hanya 3,3volt, access time sebesar 10ns &mampumenghantarkan data dengankecepatanmaksimal 55MB/det
5.  RDRAMmunculpadatahun 1999,yangmenggunakanmodulRIMM,transfer data secara serial pada data bus 16-bit,dengan kecepatan 16GB/det.
6. SDRAM PC 133bekerjapada bus berfrekuensi 133MHz dengan access time sebesar 1,06GB/det.
7. SDRAM PC 150padatahun 2000 memori PC150 mempunyaiaccsess time 7ns &mampumengalirkan data sebesar 1,28GB/det
8. DDR-SDRAMpadatahun 2000 menggunakansistem bus denganfrekuensisebesar 100-133MHz
9. DDR2 SDRAMpadatahun 2004 memilkikelebihan High clock speed 400-800MHz,memiliki 1 keping 2 GB &dipasangkanpada single bank sertamenggunakanteknologikoneksi Ball Grid Array (BGA)
10. DDR3 2GBpada 2007, memilikibandwithsampaidengan 1600MHz&mampu mentransfer data dengan clock efektif 800-1600MHz.

No comments:

Post a Comment